Fri. Nov 22nd, 2019

CTOC Regional Jambi

Owner Toyota Corolla Twincam AE-92 SE, SE Limited, GT-i, Liftback

Kelebihan dan Kekurangan Penggerak Depan (FWD)

2 min read

Toyota Corolla Twincam merupakan salah satu mobil yang menggunakan roda depan sebagai penggeraknya, adapun kelebihan dann kekurangan dari penggerak roda depan (FWD) adalah sebagai berikut :

A. Kelebihan Sistem Mobil Penggerak Roda Depan :
  1. Biaya produksi pembuatan mobil penggerak roda depan lebih murah, jika dibandingkan dengan biaya produksi pembuatan mobil penggerak roda belakang (tentunya di kategori mobil yang sama). Kenapa lebih murah? Hal ini sebabkan oleh spare part pada sistem penggerak roda depan mobil, lebih sedikit. Selain itu, pemasangan drivertrain pada mobil yang menggunakan penggerak roda depan, lebih mudah.
  2. Drivertrain adalah sebuah rangkaian komponen yang berfungsi untuk memindahkan tenaga mobil ke roda, sehingga mobil dapat bergerak. Dengan biaya produksi yang lebih sedikit, membuat mobil penggerak roda depan, harga jual barunya lebih murah dibandingkan dengan sistem penggerak roda belakang, tentunya di kategori mobil yang sama.
  3. Berat mobil jadi berkurang, karena tidak adanya gigi transmisi dan poros gardan untuk menyalurkan daya ke roda belakang. Dengan mobil yang lebih ringan, akan signifikan mengurangi konsumsi bahan bakar. Oleh sebab itu, mobil penggerak roda depan (FWD) lebih banyak ditemukan pada mobil city car dan low MPV keluarga.
  4. Kelebihan FWD ada pada traksi mobil di jalanan licin terutama pada saat hujan. Traksi mobil penggerak roda depan lebih bagus pada jalan licin. Karena roda depan yang menarik roda belakang bukan roda belakang yang mendorong roda depan. Selain itu berat mesin mobil yang berada di depan, membantu traksi roda depan pada FWD saat hujan.

 

B. Kekurangan Sistem Mobil Penggerak Roda Depan :

 

  1. Dengan sistem penggerak roda depan, berat kendaraan terdapat di bagian depan. Hal ini membuat pengendalian mobil di kecepatan tinggi saat mobil berisi penuh penumpang, lebih susah dikendalikan. Dibandingkan dengan mobil dengan sistem penggerak roda belakang.
  2. Karena kemudi dan penggerak tenaga ada di roda depan, jika anda berakselerasi dengan cepat, maka mobil akan cendrung untuk bergerak kekiri atau kekanan dan ini adalah kelemahan mobil sistem penggerak roda depan. Oleh karena itu, sangat jarang mobil balap mengunakan sistem penggerak roda depan. Walapun ada beberapa mobil balap yang mengunakan FWD, tapi harus di bantu dengan sistem komputer yang namanya kontrol traksi.
  3. Mobil penggerak roda depan, lebih rawan mengalami kerusakan pada area penggerak roda bagian depan, jika terjadi benturan di jalanan yang rusak. Karena kemudi dan tenaga pendorong ada di roda yang sama. Sedangkan penggerak roda belakang lebih tahan terhadap benturan di jalanan yang rusak.
Sumber : www.rentalmobilbali.net
Please follow and like us:

Please Login to Comment.

Follow by Email
Facebook0
Facebook
YouTube20
Instagram0

Gallery

IMG_20190722_061123_286 IMG-20190901-WA0047 IMG-20190901-WA0049 IMG-20190901-WA0050

Calendar

June 2019
M T W T F S S
« May   Nov »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Archives

Categories